Pos Aja

Customer Service: Hallo Pos 1500161

Lacak paket PosAja! (Pos Indonesia) adalah aktivitas pelacakan yang biasa dilakukan pelanggan untuk mengetahui status pengiriman paket POS. Well, buat kamu yang ingin mengecek paket Pos, langsung saja pakai aplikasi di bawah ini

Pilih Expedisi:

Tapi ingat sob, untuk lacak kiriman pos dengan nama penerima itu tidak bisa. So, butuh no resi Pos Indonesia, yaitu nomor unik yang biasanya terletak pada bagian bawah barcode di lembar struk pengiriman.

Pos Indonesialacakpaket.id

Dengan nomor resi itulah, kamu bisa cek resi Pos Kilat Khusus, Reguler, Nextday, Jumbo dan layanan pengiriman lainnya dari Pos Indonesia. Caranya melacaknya pun gampang sob, tinggal cek resi Pos lewat HP, komputer atau laptop kamu yang sudah tersambung dengan internet.

Baiklah, supaya clear, berikut kami berikan penjelasan tentang lacak paket Pos Indonesia. Serta, tidak lupa juga nih kami sajikan informasi penting terkait POS, lengkap hingga seputar tanya jawabnya.

Lacak Paket POS Indonesia

Kamu bisa melacak paket POS dengan mudah, cepat, dan statusnya 100% akurat. Untuk cara lacaknya mudah sob, cukup ikuti langkah-langkah cek resi POS Indonesia yang praktis dan simpel berikut ini:

  1. Siapkan nomor resi POS.
  2. Buka browser di komputer atau HP, terus ketik alamat website lacakpaket.id dan Enter.
  3. Setelah masuk ke halaman utama website LacakPaket, lalu ketiklah no resi pengiriman di dalam kolom Cek Resi.
  4. Proses selanjutnya adalah dengan meng-klik tombol LACAK PAKET.
  5. Jika sudah, akan muncul beberapa opsi ekspedisi, kemudian cari dan klik Pos Indonesia.
  6. Terakhir, keluar status paket berdasarkan nomor resi pengiriman.

Dari langkah-langkah diatas, kamu dapat melihat status pengiriman secara jelas dan detail. Isinya pun lengkap, mulai dari nama Ekspedisi, No Resi Pos, Tanggal, Status sampai history perjalanan paket.

Terus, lacak paket POS juga bisa kamu lakukan lewat situs website resmi POS Indonesia di https://www.posindonesia.co.id/en/tracking. Untuk cara-caranya mirip kok, tinggal masukkan aja nomor resi ke dalam kotak ‘Tracking’, lalu tekan tombol ‘Cari’.

Contoh Cek Resi POS Beserta Penjelasannya

Buat pengguna baru yang belum pernah sama sekali mengecek paket kiriman POS. Tenang sob, karna kami sudah siapkan 2 (dua) contoh nomor resi dengan hasil status lacak yang berbeda.

1. Status On Process

Contoh pertama adalah cek resi POS yang statusnya On Process. Artinya, paket masih dalam proses pengiriman oleh petugas/kurir Pos Indonesia.

Kalau begitu, paket belum sampai dong! Iyap, betul sekali sob. Untuk lebih jelasnya, lihat yuk contoh lacak paket dari nomor resi EE174308XXXXX.

Expedisi : Pos Indonesia
No Resi : EE174308XXXXX
Tanggal : 19 Jun 2022 02:04
Pengirim : XXXX – Kepung
Penerima : XXX XXXX
STATUS : On Process

17 Jun 2022 10:19, Kepung
POSTING LOKET

17 Jun 2022 13:26, Kepung
KANTOR TUJUAN: KEDIRI 64100

17 Jun 2022 17:34, KEDIRI
KANTOR ASAL: Kepung 64293

17 Jun 2022 18:55, KEDIRI
KANTOR TUJUAN: JAKARTASOEKARNOHATTA 19000

19 Jun 2022 02:04, JAKARTASOEKARNOHATTA
KANTOR ASAL: KEDIRI 64100

2. Status Delivered

Selanjutnya, tracking Pos dengan status paket sudah berhasil terkirim. Atau, status pengiriman tertulis Delivered, yaitu kurir Pos sudah mengirimkan paket ke alamat tujuan dan sudah di terima seperti pada contoh berikut ini.

Expedisi : Pos Indonesia
No Resi : SHPE221224XXXXX
Tanggal : 29 Dec 2022 12:11
STATUS : Delivered

26 Dec 2022 15:39
MANIFEST SERAH

26 Dec 2022 15:39, MAGELANG
LAYANAN: POS KILAT KHUSUS PENGIRIM: Pawon Kos 799 Selatan RM pak yadi GANG MENUR Jl Pahlawan no 5a masuk gang seberang gereja bala keselamatan No: 6287718885005: 56100: : PENERIMA: XXXXX Karang Jambu Jalan Pisang RT 3 RW 5 Caruy Cipari: 6281329691634: KAB CILACAP: 53262:

27 Dec 2022 13:16, CILACAP
PROSES ANTAR

29 Dec 2022 12:11, Cipari
WAKTU UPDATE: 20221229 121158 STATUS: Di terima Sialamat PENERIMA KETERANGAN: mas XXXX pos desa DI TERIMA XXXX XXX XXXX

Sekilas Pos Indonesia

Pos Indonesia merupakan sebuah BUMN Indonesia yang bergerak di bidang layanan bisnis surat paket dan logistik. Kalo melihat sejarahnya, Pos Indonesia sudah ada sejak tahun 1746, tepatnya berdiri tanggal 26 Agustus.

Tak mengherankan sih kalo kantor cabang dan agen POS ada di mana-mana. Bahkan, titik lokasinya sampai ke pelosok-pelosok desa hingga daerah terpencil di Indonesia.

Dikutip dari website Pos Indonesia, jumlah kantor cabang POS sudah mencapai 4.850 titik lokasi. Sedangkan, untuk jumlah agen sekitar 20 ribu dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Jadi kalo customer mau tanya paket Pos Indonesia itu mudah. Tinggal cek lokasi Pos terdekat, terus kunjungi deh kantornya. Malah biasanya untuk menuju kantor cabang, kamu cukup dengan jalan kaki saja, karena saking dekatnya.

Seiring perubahan dan perkembangan PT Pos Indonesia, kini keunggulannya tidak hanya faktor jumlah kantor dan agen. Melainkan juga pelayanan optimal berbasis digital, serta ragam jenis produk layanan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan pengiriman.

Bahkan, Pos Indonesia telah banyak menjalin kerjasama dengan toko online dan e-commerce ternama, seperti Shopee, Zalora, Blibli, Blanja, Tokopedia, Bukalapak, Mataharimall, ACommerce, dan Lazada.

Jenis Layanan Pengiriman POS

PT Pos Indonesia membagi layanan pengiriman menjadi 2 jenis, yaitu Domestik dan International. Layanan Domestik adalah layanan pengiriman untuk tujuan dalam negeri. Sedangkan, International adalah layanan kirim khusus tujuan ke luar negeri atau mancanegara.

Kedua layanan POS tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Ingin tahu apa aja kelebihannya? Silahkan cek di bawah ini.

Pengiriman Domestik

Saat ini POS Indonesia menyediakan 6 (enam ) produk layanan kurir Domestik. Salah satunya layanan POS Kilat Khusus (Reguler) yang banyak diminati masyarakat, karena pengirimannya cepat dan hemat ongkos kirim.

Untuk lebih jelasnya terkait layanan pengiriman kurir Pos Domestik, silahkan lihat poin per poin yuk di sini:

  • Layanan Pos Instans Plus, adalah layanan pengiriman premium dengan estimasi waktu maksimal 3 jam sampai ke lokasi tujuan.
  • Pos Sameday, layanan kirim paket tiba di hari yang sama. Lama pengiriman Sameday adalah maksimal 9 jam.
  • Pos Nextday, merupakan layanan pengiriman paket sampai ke tangan penerima esok hari. Maksudnya, estimasi lama waktunya 1 hari kerja.
  • Reguler, layanan pengiriman standar dengan estimasi waktu lama pengiriman H+2 sampai dengan H+4. Kelebihan layanan POS reguler adalah jangkauan kirim luas hingga ke pelosok daerah.
  • Jumbo, adalah layanan pengiriman untuk barang-barang berukuran besar dan berat.
  • Ekonomi, layanan kirim untuk jenis paket pos biasa, surat dan dokumen, kartupos, dan sekogram.

Selain kurir Domestik, POS Indonesia juga menawarkan jasa Logistik berupa layanan Warehousing (Pergudangan) dan Freight Forwarding. Gimana, produk-produk domestiknya lengkap, kan!

Baca juga: Cara Cek Resi Paket Anteraja

Pengiriman International

Berikutnya layanan POS Internatinal untuk kebutuhan mengirim surat, dokumen, dan paket barang ke luar negeri. Jangkauan pengiriman layanan ini sangat luas dan mencakup banyak negara di dunia.

Terlebih lagi, jenis produk pengiriman International beragam. Misalnya, ada EMS (Express Mail Service) yang jangkauan pengirimannya mencakup 232 negara tujuan, dengan perkiraan lama waktu sampai antara 3-5 hari.

Selain POS EMS, ada pula Pos Ekspor, Pos Tercatat (R) Internasional, Paket Pos Cepat Internasional, dan e-Packet. Adapun rincian estimasi lama pengirimannya adalah sebagai berikut:

NoPOS InternationalEstimasi Lama Pengiriman
1EMS3-5 hari
2Pos Ekspor4-8 hari
3Pos Tercatat (R) Internasional 6-10 hari
4Paket Pos Cepat Internasional6-10 hari
5e-Packet6-10

Cara Mengirim Paket Lewat Kantor Pos Indonesia Terdekat

Usai produk layanan pengiriman POS sudah kamu ketahui. Selanjutnya cas cus siapkan paket, terus kirim deh ke kantor POS Indonesia terdekat yang ada di daerah kamu.

Tapi buat kamu yang belum tahu cara mengirim paket lewat POS. Tenang sob, berikut adalah langkah-langkah praktis yang dapat kamu pakai:

  1. Langkah pertama, siapkan barang yang akan kamu kirim.
  2. Kemudian packing dengan aman, kuat dan rapi.
  3. Setelah itu tulis nama dan alamat lengkap (pengirim & penerima), serta cantumkan juga nomor teleponnya.
  4. Lalu cari alamat kantor POS terdekat lewat Google atau tanya langsung ke saudara, teman, maupun tetangga.
  5. Berikutnya bawa paket dan kunjungi Kantor Pos sesuai petunjuk yang kamu dapatkan.
  6. Setelah sampai di kantor POS, lalu sampaikan ke petugas yang jaga (satpam) jika kamu ingin mengirimkan paket. Biasanya bapak Satpam akan mengarahkan untuk mengambil antrian terlebih dahulu.
  7. Selanjutnya tunggu sampai nomor antrian kamu diumumkan oleh petugas loket.
  8. Jika sudah, berikan paket kepada petugas loket dan petugas akan menimbang berat paket, memverifikasi data-data pengiriman, serta menyebutkan tarif biaya ongkir.
  9. Langkah berikutnya, bayar ongkos pengiriman kepada petugas secara tunai.
  10. Selesai, dan kamu akan menerima resi atau lembar bukti struk pengiriman.

Sebagai tambahan, sebaiknya simpan struk yang sudah kamu terima. Sebab di dalamnya terdapat no resi POS yang bisa kamu gunakan untuk melacak posisi paket sewaktu proses pengiriman.

Istilah Status Pos Indonesia dan Artinya

Ketika lacak paket POS Indonesia, kamu akan mendapati status dengan istilah-istilah yang berbeda setiap updatenya. Contoh istilah pengiriman tersebut antara lain; Hub, Manifest, Proses Antar, dan lain sebagainya.

Mengenai status pengiriman yang biasanya muncul. Ini dia kami sampaikan daftar istilah POS lengkap dengan artinya.

NoIstilah Status POSArtinya
1Alamat Tidak JelasArtinya alamat tujuan kurang lengkap, sehingga kurir POS tidak dapat mengantarkan paket. Biasanya pencantuman nomor rumah salah atau tidak sesuai dengan alamat aslinya.
2Diteruskan Ke HubMaksudnya paket telah berangkat menuju gudang di kantor POS kota tujuan. 
3Manifest TerimaMemiliki arti bahwa kiriman paket telah di terima oleh petugas POS dan siap untuk proses pengiriman berikutnya.
4Manifest SerahArtinya kiriman paket sudah diserahkan ke kantor pos kota tujuan.
5Posting LoketPaket yang kamu kirim sudah di terima oleh petugas Loket Kantor POS. Dalam arti lain, data-data pengiriman telah di input petugas POS di loket.
6Proses AntarProses pengantaran paket sesuai alamat tujuan. Petugas yang mengantarkan paket adalah kurir POS, atau jaman dahulu terkenal dengan nama Pak Pos.
7Puri TerimaKiriman paket dari kantor Pos sebelumnya telah di terima di kantor Pos tujuan
8Puri KirimPaket telah berangkat menuju kantor Pos berikutnya sesuai jalur pengiriman.
9Selesai AntarArtinya paket berhasil terkirim dan di terima oleh si penerima
10Tiba Di HubBerarti kiriman paket sudah tiba di gudang POS, yang kemudian akan di kirim ke tujuan atau kantor Pos yang lain.

Cara Mudah Cek Tarif Pos Indonesia

Yang tidak kalah pentingnya dalam pengiriman adalah mengecek tarif ongkir. Nah, buat kamu nih sob yang ingin tahu biaya ongkos pengiriman POS. Baik tujuan kecamatan dan kota di seluruh di Indonesia bisa langsung cek ongkir lewat cara berikut:

  1. Buka laman situs web lacakpaket.id
  2. Klik menu Cek Ongkir.
  3. Masukkan nama Kecamatan / Kota Asal dan Kecamatan / Kota Tujuan.
  4. Kemudian tekan Berat 1Kg, dan ubah ukuran sesuai berat paket kiriman.
  5. Selanjutnya tekan tombol CEK ONGKIR.
  6. Keluar deh tarif ongkir POS berdasarkan data yang sudah kamu masukkan.

Layanan Customer Service POS Indonesia

Menghubungi pihak POS cukuplah mudah. Selain datang dan menanyakan langsung melalui petugas di kantor Pos terdekat, kamu juga dapat hubungi lewat layanan Customer Service (CS) POS Indonesia.

Tapi ingat, sebelum menanyakan perihal paket kiriman. Alangkah baiknya, kamu persiapkan dulu data-data pengiriman seperti no resi, nama, alamat, dan nomor telepon yang kamu gunakan saat mengirim paket.

Kemudian, telepon customer service POS menggunakan layanan call center Halo Pos. Dan, untuk nomor teleponnya adalah 1500161.

Kalau memang nomor telepon tersebut tidak dapat tersambung, kamu bisa gunakan cara lain dengan mengirim pesan lewat fasilitas POS berikut ini:

  • Email: halopos[at]posindonesia.co.id
  • Telegram:[at]posindonesia_officialbot
  • Facebook (FB): facebook.com/posindonesia
  • Instagram (IG): instagram.com/posindonesia.ig
  • Twitter: twitter.com/PosIndonesia
  • Tiktok: tiktok.com/[at]posindonesia_official
  • Line: [at]posindonesia_officialbot
  • Livechat VIDAPOS : posindonesia.co.id/en/content/kontak

FAQ

Cek paket pos sampai dimana?
Kamu bisa tahu kiriman POS sudah sampai mana dengan mudah. Caranya tinggal lacak paket secara online menggunakan no resi pengiriman. Kemudian, tinggal cek posisi updatenya di bagian History Perjalanan Paket.

No Resi Pos Indonesia yang mana ya?
Nomor resi Pos terletak di bagian bawah barcode. Bisa juga no resinya terdapat pada bagian kolom ‘No Barcode’. Kalau masih bingung yang mana, coba lihat dalam lembar struk pengiriman. Terus, cari tulisan berupa susunan angka unik, atau kombinasi antara huruf dan angka. Itulah no Resi Pos Indonesia.

Berapa digit no resi pengiriman pos?
Susunan nomor resi Pos Indonesia ada yang 11 digit angka. Tetapi, ada pula yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka berjumlah 13-14 digit, contohnya EE140821728ID, P2206200156284, 21KOR0000203456, dan lain-lain.

Berapa lama pengiriman pos express?
Estimasi waktu pengiriman POS Express bisa 1 hari sampai ke tujuan. Bahkan, layanan express bisa dalam hitungan beberapa jam saja, misalnya Pos Express Instan Plus yang dapat mengirimkan paket maksimal 3 jam.

Kantor pos buka setiap hari apa?
Terkait buka dan tutup kantor Pos ini bisa berbeda-beda waktunya untuk setiap wilayah dan daerah. Namun, umumnya kantor POS beroperasi setiap hari, mulai dari hari Sabtu sampai hari Minggu. Sementara untuk jam kerja kantor POS ada yang 24 jam buka setiap harinya.

Penutup

Itu dia penjelasan lacak paket POS Indonesia yang dapat kami sampaikan. Jika ada kendala pengiriman seperti paket terlambat, rusak, dan hilang, maka langsung segera hubungi petugas POS lewat layanan CS-nya. Sekian dan semoga membawa manfaat buat kamu sob.



Kurir cek paket cek resi lacak paket



Artikel Terkait